WISATA RIA KE GUNUNG LEMBU



25 – 26 mei 2016

                Bingung mau ngapain long weekend ini, lantas gw inget 1 temen gw, aji , ada rencana ke gn lembu bareng adit, alvian. Tapi waktu gw tanya rencananya batal karena si aji jaga pameran wisuda hari sabtu. Karena gw bosen, akhirnya aji gw bujuk, gw ceritain rencana gw dan akhirnya dia tertarik. Setelah aji gw pun nanya alvian dan responnya +. Terus gw nanya puar, sebenernya dia pengen banget ikut tapi dia nganterin temen wulan dulu ke situ cileunca. Dan yang terakhir adalah doko. Awalnya dia juga gamau karena ada acara hari sabtu siang. Tapi karena gw rayu jadi ikut.
                Setelah ngumpulin orang tahap selanjutnya adalah ngumpulin logistik. Pertama, tenda. Gw langsung mikir minjem anak TERRA tiba-tiba alep nyaut, yaudah pinjem dia. Sekalian juga kompor pinjem dia juga. Waktu gw samperin dia sebenernya dia pengen ikut karena sepupunya gajjadi ke bandung. Tapi berhubung yang ikut udah 5 orang dia jadi gamau dengan dalih
“tenda gw muat 4 orang, kalo gw ikut tidur dimana?”
“sebenarnya di sana ada saung-saung gitu lep, ini gw minjem tenda buat antisipasi aja kalo saungnya bocor” jawab gw
“lah kalo beneran bocor saungnya gimana?”
Terus kamera, gw minjem murid bimbel gw sayid, sayangnya kameranya sangat besar dan gada tasnya. Sekitar jam 4 gw mulai packing barang-barang. Jam 6 cabut ke kampus buat ngambil kamera dari sayid. Jam 6 lewat gw sampe itb dan baru ada aji. Sedangkan alvian dan doko belum menampakkan batang hidung. Puar juga sepertinya ga ikut. Ketika semuanya udah lengkap, akhirnya kami bisa menyiasati  penempatan kamera di tas doko digulung baju trus dimasukkin ke kantong plastik.

Ganesha – pos daftar

                HUJAN. Ya, sebelum berangkat juga sebenarnya udah hujan, tapi karena gw emang orangnya gini yaudah kita terobos aja pake ponco.kami cabut pukul 19.00 wib. Navigator kali ini adalah aji. Aji dibonceng alvian. Skill alvian dalam ngebut patut diacungi jempol ( atau emang gw yang cupu). Doi ngebut terus gw gabisa ngejar, sampai suatu saat gw nyasar jauh banget. Setelah ditungguin gw memberi aba-aba pelan-pelan ke mereka, namun alvian tetap ngebut. Untungnya jalan udah mulai sepi jadi walau jarak agak jauh. Kondisi cuaca masih hujan, walau lebih ringan ketimbang di bandung. Motivasi gw cepat sampai ke jatiluhur karena gw liha cuacanya clear.jadi bisa poto-poto bintang. Sampai di tempat parkirnya beh, banyak banget motor dan mobil, terutama plat B.

Pos daftar-puncak

                Sampai di pos itu sekitar jam 10 lewat, karena lumayan pegel jadi kita istirahat dulu dan berniat berangkat lagi jam 11. Sementara itu doko daftarin kita, ternyata perorang bayar 10k sekarang, padahal dulu itu bayar seikhlasnya. Udah jam 11, kami berangkat. Sebelum berangkat gw sempat bertanya ke bapak yang jaga pos.
‘’ pak di puncak bisa nenda?’’
‘’bisa dek’’
‘’lah kan puncaknya batu-batu gitu pak?’’
‘’bisa dek, ada tanahnya’’
‘’ berapa lama pak ke puncak?’’
‘’ya paling 1,5-2 jam tergantung fisik adek’’
Yang rencanya awal gw buat naik dan nenda di saung ceria yang jaraknya Cuma 15 menit dari pos ternyata berganti jadi kita ngecamp di puncak. Mirip merbabu.
                Kami pun melangkahkan kaki, ternyata headlamp gw rusak, doko gabawa headlamp, senter alvian ga guna, Cuma aji yang bawa headlamp. Akhirnya gw pake flash hp. Singkat waktu kami sampai di saung ceria. Di waktu yang lalu pada malam hari saung ceria ini kosong, tetapi sekarang ada yang menghuni (pedangang lokal). Dan yang gw bingung adalah gada satu tenda pun disini. Perasaan gw gaenak padahal banyak kendaraan di bawah. Akhirnya kita lanjut lagi.  Medannya ga berat, Cuma licin banget. Udah ga keitung lagi jumlah peristiwa kepeleset malam itu, bahkan suatu ketika gw kepeleset dan yang kena muka duluan, celana udah kotor banget kaya orang abis bajak sawah. Kami sempat istirahat dulu 2 menit di pos 2, lanjut lagi bakal ada petilasan (makam) yang gw kira itu pos tapi dikelilingi pagar semua. Sampai di pos 3 pohon mulai jarang. Langit yang tadinya gada bulan udah mulai cerah terang bulan. Dan akhirnya kami sampai di puncak, ternyata batu photogenic yang ada di instagram itu bukan puncaknya, nama batu lembu.

Puncak – batu lembu

                Buat sampai ke batu lembu perjalanannya ga terlalu mudah, turun naik. Sering juga kepeleset. Mulai banyak tenda kami jumpai sepanjang perjalanan ke batu lembu, ternyata di sinilah orang-orang nge camp. Saat udah mulai lelah gw mulai nanya abang-abang
“bang batu lembu berapa lagi jaraknya?”
“oh itu bang turun 200m lagi’’
Akhirnya ketemu juga lokasinya, gw kira tempatnya luas, taunya kecil.
Tantangan selanjutnya adalah nyari lapak buat nenda, akhirnya ada lapak dan ngepas banget. Tapi tetap, tenda bisa berdiri disana. Setelah diriin tenda gw, doko, aji balik lagi ke batu lembu buat experiment dengan dslr sayid.
Gw juga iseng-iseng konek inet dan ternyata konek dengan sinyal H+. ya gw langsung ngepath. Hari menunjukan pukul 2, langit masih ketutup awan namun terang bulan. Sembari nunggu langit kebuka gw sama doko coba-coba nikon. Lumayan bisa poto-poto lampu di kota purwakarta. Tapi doko dan aji lama-lama bosan. Yaudah mereka tidur di tenda. Gw yang masih penasaran sama kameranya terus duduk di batu lembu, jam 2.30 langit mulai kebuka dan bintang-bintang mulai keliatan. Tapi gw masih belum ngerti cara pake kamera ini. Gw harus setting iso-nya, tapi jadi auto iso( pengennya iso 800 jadi auto 6400), untuk expossure time gw udah bisa settingnya 30’’.setting apperture dan setting focus to infinity gw juga masih bingung. Ditambah ketika gw berhasil make iso 800 yang gw liat di internet gambarnya masih goyang karena gw Cuma pake spatu buat alas kamera biar steady dan ga kepikiran setting timer. Seiring berjalannya waktu gw berhasil dapat poto lampu kota, tapi gw liat langit, udah ketutup lagi. Bete. Udah jam 3.30. yaudah gw balik ke tenda.
Bangun-bangun jam 5.30 taunya masih gelap. Bukan karena belum sunrise tapi karena awannya tebal, gapernah bener emang musim hujan ( atau emang gw yang gabener karena naik musim hujan). Yaudah karena gelap kita masak mie. Aldo bli 8 mie padahal alvian sama aji udah bawa masing-masing 2. Gw minta beli susu saset dia bli susu cair yang biasa ditaro di kulkas. Kebersamaan memang nikmat. Yaudah kita memutuskan untuk turun jam 7 sambil nunggu viewnya kebuka (mengingat aji dan doko ada acara). Mulai jam 7 kurang, masih berkabut tapi lebih tipis ketimbang yang tadi.yaudah poto-poto pake nikon dan hp hehe.

Batu lembu-pos daftar.

Kembali kami packing dan bergegas turun. Tapi view paling indah bukan di batu lembu ternyata, view paling indah ada di lereng-lereng menuju puncak, dari sana keliatan waduk jatiluhur dan bukit-bukit di sebelah timur. Turun lebih hemat tenaga, tapi resiko kepelesetnya masyaAllah. Singkat kata kami sampai di pos daftar, ada yang salah. Ternyata ada jalan memotong yang mengehemat waktu 10 menit. Tapi karena gelap, kemarin malam jadi tidak lewat shortcut.

Pos daftar – bandung

Gada waktu leha-leho, ketika sampai pos langsung menuju parkiran dan gas. Tapi karena nafsu gw selalu ngehajar polisi tidur sampai-sampai ban depan gw robek. Mw cari tambal ban tapi gada yang tubles. Sampai akhirnya dekat rel kereta ada tubles. Alvian dan aji yang di depan udah nungguin gw dekat jalan raya sambil minum pop ice.

kabut jahat :(
Quartet A, kiri - kanan : Alvian, orang ganteng , Aldo , Aji

berlatarkan the famous gunung parang






Comments

Popular posts from this blog

CATATAN PERJALANAN GN SINDORO 3153 MDPL VIA KLEDUNG

Labuan Bajo

Catatan perjalanan: Kasepuhan Ciptagelar dan Beras Berusia Puluhan Tahun