CATATAN PERJALANAN CIREMAI

VIA APUY
29 – 31 Januari 2016

Jadi perjalanan ini dimulai ketika gw dan Farras ngewacanain buat naik gunung di Januari. Awalnya mau tanggal 12-15 tapi gabisa ada LPJ. Pada suatu saat kami berdua bosan LPJ dan memutuskan untuk cabut. Ya akhirnya pada tanggal 29 Januari 2016 perjalanan dimulai. Bandung – pos 1 berod ciremai via motor.
                Bandung – pos 1 berod
                Salahnya waktu itu gw berangkat maghrib, jalan ke Jatinangor jadi macet pisan. Mungkin lain kali kalo cabut aturan pagi-pagi / subuh. Setelah melewati UNPAD Jatinangor, Farras mulai nyalain GPS (padahal jalannya lurus doang) buat antisipasi kalau nyasar. Setelah 2 jam perjalanan kami sampai di Kota Sumedang, daerah yang terkenal akan tahunya. Disini kami memustuskan untuk makan dulu biar fokus kalo nyetir. Warung pecel pinggir jalannya bagus, bersih. Cuma pelayanannya lelet gara-gara aa’ nya skip dan terbilang mahal ( bayangin farras makan nasi+ayam+atiampela 2 = 25k !) dibandingkan di Bandung. Selesainya, kita berangkat, lewatin jalanan ke arah Majalengka. UJAN MEN. Meski kata orang “ hujan nikmat Allah “ namun hal itu bisa jadi bencana diwaktu bersamaan. Buktinya gw nyaris kepeleset gara-gara ada becekan. Karena bete dan bensin abis, akhirnya gw memutuskan untuk berhenti di SPBU. Pewe banget SPBU-nya, ada tukang baso, WC gratis dan bersih, Musholla luas dan dibuka terus, ada colokan. Namun , karena ujan berhenti 21.30. kami langsung bertolak ke Majalengka. Sampe di Majalengka kondisi udah agak ngantuk. Jadi kami berniat cari musholla buat tidur, baik mushola biasa dan di SPBU. Sepanjang jalan utama Majalengka tidak terlihat mesjid yang buka dan juga musholla SPBU tutup semua! Jadi keputusan ninggalin SPBU barusan itu SALAH. Karena desperate kita berhenti di SPBU lagi dan tidur di luar musholla. Tapi Farras gamau karena ga aman. Akhirnya kita menyusuri kota Majalengka sampe ketemu suatu mesjid lumayan besar dan kebuka. Motor gw parkir di halaman dan kita masuk ke mesjid cerita-cerita. Farras tidur, disaat bersamaan gw was-was, antara mau tidur tapi takut motor ilang, kalo ga tidur takut sakit di gunung. Akhirnya gw terjaga sampai jam 2 dan ketiduran. Subhuh bangun buat solat dan tidur lagi sampai jam 8.
                Paginya kita cari sarapan, warteg adalah pilihan yang bijak dengan harga yang standar. Farras kembali ngeluarin GPS dan menunjukan arah, sampai suatu saat kita sampai di Maja. Dari Maja kita bertolak ke Apuy dan sempat nyasar. Nanya ke seorang aa’  kita dikasih petunjuk. Sampai di desa apuy, kami hanya mengikuti plang “ pos pendakian Ciremai “. Karena agak ragu dan nyasar Farras nanya ke ibu-ibu kebun kol. Dari jauh firasat gw gaenak. Ternyata di Apuy yang bisa ngomong bahasa indonesia dikit banget. Sundanese nya masih kental (indistinct chatter in sundanese ). Karena bensin abis kami balik lagi ke alun-alun apuy. Setelah menemukan orang yang bisa bahasa indo kami tercerahkan, ternyata emang jalan yang kami tempuh tadi benar, hanya saja jaraknya emang jauh dan nanjak. Ga jarang Farras harus turun dari kuda pink gw. Dan sampailah kami di pos 1 berod.
                Untuk administrasi kita diharuskan untuk membayar 50k perorang, mahal ( waktu 2015 25k), itu udah termasuk masuk ke TNGC dan welcome drink. Kata bapaknya si kalo jalan terus sampe puncak Cuma butuh waktu 5-6 jam.

Pos 1 – pos 2
Perjalanan pos 1 ke 2 cukup singkat, Cuma 30 menit. Treknya nanjak dikit dan jalannya masih ada aspalnya ( awalnya ) dengan kanan kiri ilalang, lalu setelah tanjakan ada bonus. Medannya masih terbilang mudah. Di peta si jaraknya 1.3km. setelah itu sampailah pada pos 2 yang berbentuk saung.

Pos 2- pos 3
Mulai masuk hutan. Treknya lumayan berat. Tanjakan dengan sedikit bonus. Di peta jaraknya hanya 1.3 km, namun kami meyakini itu salah karena butuh waktu1 jam 20 menit untuk sampai pos 3. Pos 3 berupa campsite.

Pos 3 – pos 4
Karena medannya yang nanjak walaupun jaraknya hanya 1 km. tapi butuh waktu 40 menit untuk mencapainya. pos 4 berbentuk campsite

Pos 4  - pos 5
Waktu ngeliat peta rasanya mau nyerah. Jaraknya 2,4 km men! Gw ama Farras udah mensiasati ini dengan jalan 30 menit lalu istirahat 10 menit. Namun kenyataannya kita jalan 40  menit dengan trek yang sama dengan sebelumnya eh taunya sampai. Mungkin tertukar dengan jarak pos 2 – pos 3. Di pos 5 kita menjumpai orang-orang brisik dan aa yang udah dua malam di ciremai. Btw pos 5 berbentuk campsite.

Pos 5 – simpang apuy dan palutungan
Sperti yang kita tau apuy bukanlah satu-satunya jalur pendakian Ciremai, ada Linggajati dan Palutungan. Medan didominasi oleh batuan dan sudut yang lumayan terjal. Disini adalah drop point gw. Gw ketinggalan jauh banget sama Farras karena gw nyuruh dia duluan. Kenapa ? jawabannya adalah karena kaki gw kram dan gw laper. Sambil ngilangin kram gw ngorek-ngorek carrier gw dan Cuma menemukan 1 madu dan 2 parolith. Akhirnya demi glukosa madunya gw telan dan parolitnya gw masukin ke air 600 ml. setelah gw minum semangat gw balik lagi (sugesti ) dan gw berhasil sampai di simpangnya.
simpang apuy dan palutungan – goa wallet.
                Treknya masih sama persis kaya pos 5 – simpang. Sesekali gw ngeliat ke arah berlawanan. Ternyata udah mulai berkabut. Waktu gw liat ke arah puncak udah ada awan mendung. Dengan motivasi ini gw jalan tanpa henti sampai suatu ketika gw berhenti dan ngeliat goa walet. Ternyata tempatnya berbeda dengan apa yang gw pikirkan. Sesampainya disana udah ada Farras yang nge gelar ponconya dan ngelobby orang bahwa itu tempat tenda dia. Hujan pun turun. Seger gw hampiri dia dan langsung diriin tenda.dia bilang kalo dia nyampe 16 menit lebih awal dari gw. Entah Farras yang semakin kuat atau gw yang makin lontong. Di luar tenda ujan, males banget keluar. Padahal gw pengen ngobrol – ngobrol sama pendaki lain, tapi hujan. Yaudah gw sama Farras masak mie, makan dan tidur. Waktu mau tidur gw nanya
“ was, mana matraslu?”
“ buat apa matras, gw gatau fungsinya “
“ ye geblek, alas tenda itu kadang suka ngerembes air. Apalagi kalo hujan. Jadi itu buat alas lu biar ga basah”
“ yaudala “ terus langsung tidur. Bangun2 SB nya basah. Heh

Goa wallet – puncak
                Kalo di peta si waktu tempuhnya Cuma ½ jam dari goa. Jadi walaupun gw kebangun jam 4, gw leha- leho dulu. Lagipula diluar masih hujan. Setelah hujan reda, sekitar 04.30 WIB gw bangunin Farras dan siap-siap muncak, karena rombongan demi rombongan udah cabut dari goa Wallet. Akhirnya gw bawa air 600mL ke puncak dan Farras bawa gas dan kompor buat kehangatan. Jalannya bebatuan, tapi ga separah jalan ke goa Wallet. Jadi singkat waktu kami sampai dipuncak 05.00 WIB. Nyampe – nyampe udah ada yang bikin api unggun. Namun, KABUT TOTAL. Ya kabut. Jadi niatan kami buat liat sunrise gagal. Kami harus nunggu sampai sekitar 06.00 WIB. Sampai kabutnya kebuka semua. Waktu kabutnya kebuka semua, terlihatlah bahwa puncak Ciremai ini berupa bibir kawah. Lekas gw langsung mengabadikan momen. Lalu gw ngikutin bapak – bapak yang pergi ke sisi timur. Ketika kabutnya mulai kebuka keliatanlah Gunung slamet. Dan ternyata sisi timur itu elevasinya lebih tinggi ketimbang tempat yang ada benderanya ini ( dan lagi di sini ada plang 3078mdpl yang harusnya ada di titik tertinggi ). Gw langsung bergegas ke sana. Ternyata di sana ada plang puncak sunan mataram 3058mdpl padahal lebih tinggi (?) di sini kita bisa melihat pemandangan kabupaten maja. Ada waduk juga loh. Tadinya gw pengen muterin kawahnya tapi tiba-tiba lapar. Farras yang ikut sama gw langsung balik ke lokasi pertama. Sedangkan gw masih belum puas menikmati panorama ini. Akhirnya gw balik ke lokasi pertama dan mendapati Farras lagi ngopi sama orang lain. Yaudah gw ke sisi barat aja. Siapa tau ada sesuatu. Ternyata disisi utara ada tempat yang lebih tinggi. Tapi karena di sisi barat bibir kawahnya udah tipis banget, gw takut jatuh dan sendirian jadi gw mengurungkan niat, masih sayang nyawa. Tapi yang keren dari lokasi barat ini adalah panorama kawahnya. Gw sempat mengabadikannya dengan panorama shoot. Setelah puas gw balik lagi ke lokasi pertama. Poto megang plang. Dan turun lagi ke bawah.

puncak utama

panorama shot kawah ciremai

gunung slamet di sisi timur

puncak kedua ciremai

Goa Wallet – pos berod
                Turun dari puncak, lapar melanda. Sebelum ngerobohin tenda kita ngabisin persediaan makanan ( baca : 3 bungkus mi ). Karena air kurang jadi Farras minta – minta ke pendaki lain dan dikasih. Setelah selesai makan kebetulan ada orang yang bakar sampah. Gw sempet takut waktu mau bakar sampah jangan – jangan nanti di bawah sampahnya bakal dicek. Tapi bodo. Waktu ngerobohin tenda kami seringkali menemukan anak kelabang dalam tenda. Serem . gw harus ngeluarin satu-satu pake korek api. Setelah kelar. Gw masuk ke goa wallet dan mengabadikan momen.
                Sama kaya kasus Slamet. Gw sama Farras menyepakati kalo nanti turun kita harus Lari. Alhasil kita sampai pos berod dalam waktu 3 jam lebih dikit.  Disaat itu juga kami langsung menukarkan kupon welcome drink kami. Dan kami mendapat teh manis+teh tawar + nasi + dadar + tempe + 3 bakwan. Setelah makan gw langsung nyari tempat jual badge, dan ABIS! Kesel. Untuk mengurangi rasa kesal gw ama Farras pergi ke curug. Tapi hujan, jadi nunggu sebentar. Lumayan deket Cuma 400 m dari pos. tapi curugnya kecil. Kata aa’nya ada lagi curug tapi 3 km jaraknya . spontan males denger kalimat itu. Mendadak ujan dan kabut lagi jadi kami balik dan teduh di pos.

Pos berod – bandung
                Jadi hujan pun reda namun kabut belum jua hilang. Kamipun jengkel dan memutuskan untuk tetap pulang. Tiba-tiba ada ibu-ibu minta 5k dia bilang buat parkir.yaudah Farras kasih. Ternyata perjalanan pulang lebih horror. Tanahnya licin pisan jadi Farras harus turun sampai ketemu jalan bebatuan. Terus gw selalu ngambil lajur kanan karena lajur kiri lebih dekat jurang. Singkat kata kami keluar dari Apuy dan tiba di Maja. Di Maja jalanannya lurus, mirip Cianjur. Lantas gw ngebut sampe Majalengka. Di Majalengka pun jalan lurus Cuma ga begitu sepi dan lebih sempit. Jadi gw ga terlalu ngebut. Terus sampai di kab. Sumedang jalannya mirip Maja lagi. Karena tergoda nafsu gw ngebut. Mungkin sempat nyampe 100kmph. Nyampe di kota Sumedang kami terjebak macet, setelah bersabar kami keluar kota Sumedang. Kali ini kondisi jalan belok –belok dan didominasi oleh truk. Jadi kalo mau cepat harus punya skill nyalip yang besar. Kami sampai di Jatinangor dalam kondisi matahari sudah lengser. Macet. Sampai di Cikutra hujan deras. Baru berhenti di Dago. YAY

perjalanan
pos 1 - pos 2 30 menit
pos 2 - pos 3 1 jam 20 menit
pos 3 - pos 4 40 menit
pos 4 - pos 5 40 menit
pos 5 - goa 50 menit
goa - puncak 30 menit

NOTE :  karena hanya dua orang ( dan masih fit ) makanya bisa 4.5 jam .

ongkos:
3x isi bensin ( 3X15k )
tiket masuk 50k

Popular posts from this blog