CATATAN PERJALANAN SLAMET

CATATAN PERJALANAN GUNUNG SLAMET (CALDERA TERRA GOES TO SLAMET ) VIA BAMBANGAN

22-25 des 2015

CAHEUM -BASECAMP

Tanggal 22 12 orang : gw, waskito, ovi, asta, farras, irul, gumai, aji, yovan, ipul, prema, lakshmi berangkat dari terminal caheum menuju purwokerto jam 5 sore , sebenernya personil ada 13, tapi ika udah sampai duluan. Naik bus jurusan bandung – wonosobo dengan biaya Rp. 75.000/org. tengah malam kami berhenti dulu dapet makan gratis selama 30 menit. Lalu lanjut sampai suatu terminal di purwokerto sekitar jam 4 pagi. Lalu naik kopaja awalnya Rp. 15.000/org tapi ditawar sama Aji jadi Rp. 10.000/org. sampai di purbalingga kami ditawari naik carry hingga basecamp Bambangan ( YA BER 12 orang dengan carrier diikat diatas ) Rp. 35.000/org. ipul dan aji berusaha ngelobby terus dapet Rp. 30.000/org. tapi masih mahal, mereka pengennya total Rp. 300.000. daripada ditipu mending solat subuh dulu + tanya-tanya warga sekitar. Sebenernya bisa naik angkot Rp. 8000/org tapi si angkot takut diomelin oleh supir-supir carry tadi. Akhirnya naik carry dengan total biaya Rp. 310.000.

Di basecamp kita bayar 2x, pertama Rp. 10.000/org kedua Rp.5000/org (kenapa ya?) lalu kita di briefing sama SAR. Katanya gausah maksa kepuncak soalnya cuaca lg buruk, kmrn ada 200 pendaki yang gagal kepuncak gara-gara badai.

Row 1 kiri –kanan : irul, gumai, lakhsmi, prema, farras, ipul, yovan, ovi, waskito
Row 2 kiri – kanan : ika, aji, andre, asta.

BASECAMP – POS 1
            Awalnya jalan datar, kita ngelewatin kebun daun bawang, namun menjelang ke pos 1 jalannya nanjak, di pos 1 ada warung ada es teh manis, gorengan, aqua, pocari dan minuman- minuman segar lainnya.

POS 1 – POS 2

Jalannya nanjak terus, ngebelah hutan trek seperti inilah yang akan kita lalui sampai pos 5. Entah kenapa kalo di barisan belakang gw capek jadi gw jalan duluan diurutan kedua dengan leader si Ipul. Di pos 2 ada warung lagi cuman yang jaga bapak-bapak jadi ga terlalu bawel haha.

POS 2 – POS 3

Sama aja kaya sebelumnya Cuma gw ada di paling depan sekarang, lalu barisan depan (gw, ipul,gumai,asta,farras,irul) terputus dengan barisan belakang karena nungguin ciwi-ciwi. Di pos 3 ada warung lagi yang dijaga bapak-bapak

POS 3 – POS 4

Karena mesin udah panas jadi kalo jalan udah gaberasa capek lagi. Cuman bedanya di pos 4 gada warung .

POS 4 – POS 5

Sesekali gw nungguin barisan belakang buat nyusul, ketika nampak batang hidung mereka, barisan depan langsung bergerak lagi. Pos 5 merupakan pos terakhir yang ada warungnya, ada sebuah gubuk dari seng dan campsite yang waktu itu rame dan kotor banget, banyak sampah plastik berserakan. Terus juga di sekitar pos ini terdapat mata air, tapi ada cerita baru-baru ini ditemukan bangkai babi disekitar mata air, walau airnya ga tercemar tapi jadi berbau. Entah ini beneran atau sekedar , ah sudahlah.

POS 5 – POS 7

Dari sebelum – sebelumnya kita udah nyalip beberapa kelompok pendaki, namun ngeliat kondisi yang rame, diputuskan  4 orang untuk membawa tenda terlebih dahulu dan ngecamp di pos 7 (gw, Ipul, Waskito, Asta), trek nya lebih sempit dari sebelumnya + pohon-pohon tinggi udah mulai jarang, kadang kami harus menunduk beberapakali . sampai di pos 6 kita Cuma istirahat sebentar karena ada 1 rombongan pendaki di pos 6 dan 1 rombongan lagi dibelakang kami, karena takut gadapet lapak, kami hajar terus treknya. Setelah perjalanan melelahkan sampai juga di pos 7. Terdapat gubuk dari seng lagi dan di dalamnya ada orang diriin tenda (?) dan satu-satunya tempat buat rombongan kami ada ditepi jurang namun tempatnya cukup. Gw sempat bertanya kenapa ga di pos 8 jawabnya : tempatnya sempit, kenpa ga di pos 9: karena batas vegetasi dan rawan badai. Sebenernya bisa si ngecamp antara pos 6 dan 7 tapi yaudahlah.malemnya ika yang bawa banyak banget makanan memasak ½ dari bahan makanan, yakni mie, nasi, sop, kornet + minuman hangat.viewnya lumayan bagus dari sini sayang langitnya berawan jadi langit tak bertaburkan bintang. Jadi 4 tenda tadi dibagi jadi kelompok ipul,lakhsmi, ika lalu gw, ovi, prema di tenda ipul yang framenya panjang sebelah dan udah patah dan sisanya di dua tenda lainnya. Rencananya summit attack jam 3.

POS 7 – POS 9

Sempat terasa gerimis waktu tidur, tapi untungnya cuaca cerah waktu kami bangun, akhirnya kami ngaret dan baru cabut jam 3.30 .gw bawa aqua 600 ml, aji bawa daypacknya yang isinya air, air nutrisari,popmie, teh tarik dan kompor  gas.Trek didominasi jalanan nanjak dan pohon-pohon tinggi mulai sangat jarang, dan terbukti ketika sampai pos 8, campsitenya kecil banget,Cuma muat buat 8 orang. Sampai di pos 9 udah gada lagi yang namanya tumbuhan karena ini batas vegetasi.

POS 9 – PUNCAK

Treknya didominasi oleh batuan dan pasir kasar dan tanjakan terjal, awalnya gw pikir treknya bakal kaya semeru dominan pasir halus, sampe kaki gw tenggelam sebetis dan tanjakan dewa, taunya diberi kemudahan oleh Allah SWT. Gw adalah orang yang paling semangat di summit attack, ketika yang lain cape dan minta minum, gw kaga. Sampai –sampai dibilang “ndre kalo mau duluan sok” yaudah gw duluan demi mengincar sunrise pertama yang cerah haha. Trik-trik di semeru pun gw lakukan disini, jalan zig-zag lebih baik daripada langsung nanjak karena kemungkinan kepeleset lebih kecil. Pas banget sampe puncak , sunrise pun terjadi Alhamdulillah. Sesi poto-poto pun dimulai, karena semua kedinginan jadinya kita masak air dipuncak. Eh taunya ada anak HMM.

PUNCAK – KAWAH

Cukup bosan setelah poto-poto sejam di puncak, gw dan asta bertolak ke kawah. Yang lain pada gamau ikut karena udah capek, Cuma 10 menit jalan menuruni punggungan puncak lalu nanjak sedikit sampai kawah.uuuu

PUNCAK – POS 7

Jadi kami turun jam 8, gw dan yovan termasuk orang yang semangat buat turun, tapi yovan duduk-duduk dulu di pos 9, gw lanjut lari sampai pos 7 dengan niat nyuci alat masak, packing dan ngerobohin tenda ipul. Setelah ditunggu-tunggu akhirnya personil lengkap kembali, cuman si Yovan tangannya luka gara-gara jatuh guling-guling ( pelajaran berharga : jangan ngomong sembarangan di gunung karena hal itu mungkin terjadi pada lu, contoh Yovan, waktu turun dia bilang ke gw “gw pen gelindingan aja dah” eh taunya kejadian ) sembari ada yang packing yang ciwi-ciwi + farras masak buat kita yay. Dan kita cabut jam 11.

POS 7 – BASECAMP

Jadi awalnya kami masih 1 rombongan full, tapi karena pengen cari transport murah  dan gamau terjebak macet arus turun dan naik gw, farras, ipul, asta turun duluan ( read : lari ) tiap pos rame banget, katanya si mau ada acara bersih-bersih gunung bertepatan sama ultah Purbalingga jadi yang naik bakal ada 2000 pendaki ( nasib si HMT yang mau naik slamet gimana ya? ).pos demi pos kami lalui di pos yang ada warungnya kami istirahat 5 menit. Lumayan macet haha. Tapi yang paling annoying adalah banyak pendaki yang nanya
“mas pos x masih jauh ga ya?”

Jawaban gw sih sesuai keadaan kalo jauh  yang bilang jauh dan sebaliknya. Di antara pos 1 dan 2 ada orang keseleo dan katanya bakal ada SAR kesana, kami lanjut dan istirahat di pos 1 sekitar 15 menit. Banyak banget yang naik, bahkan ada orang yang pake bahasa minang. Lalu lanjut turun dan mulai hujan, diantara pos 1 dan kebun daun bawang ada pasangan pendaki yang istirahat. Yang cowo minta tolong ke gw karena istrinya (maybe )kena kram paha, dia bilang atas nama awan dari tangerang. Yaudah gw lanjut lari sambil pake ponco, sampai di basecamp jam 3 lewat gw lapor SAR bli stiker dan bordiran. Makan mie ayam 2 porsi @Rp. 7.000 . si ipul nyari angkot eh dapetnya carry lagi tapi kali ini lebih murah Rp.35.00/org basecamp – terminal purwokerto .gw lanjut tidur. Bangun-bangun udah malam personil udah lengkap mbak-mbak yang kram paha tadi bilang makasih ke gw.

BASECAMP – TERMINAL PURWOKERTO

Naik carry, desak-desakkan lagi cm kali ini aji turun di terminal purbalingga dan balik ke kampung. Sedangkan ika turun di terminal purwokerto bertolak ke jogja. Tinggal kami 11. Awalnya ada calo nawarin bus ke bandung harga Rp. 85.000/org. namun si ipul yang kesal dengan harga langsung cabut ke loket dan cari bus murah, EH alhamdulillah dapet Rp. 60.000/orang. Berangkat jam 11 dan sampai jam 6 di bandung ( kok cepat ya).

barang/jasa
bus ke caheum
total
218.0769

Popular posts from this blog