CATATAN PERJALANAN MERBABU

CATATAN PERJALANAN MERBABU VIA WEKAS

7-9 Desember 2015

Jadi awalnya gw diajak abang naik gunung, gw yang nentuin. Harusnya si judul caper ini caper merbabu – merapi, tapi karena suatu hal jadi berubah haha.cekidot

Berangkat jam 7 dari st. kiaracondong lalu sampai di st. Lempuyangan jam  5 dengan tiket seharga @Rp. 90.000 . naik trans jogja dengan harga @Rp. 3600 ke arah terminal Jombor. Dari Jombor naik bus @ Rp. 12.000. Dari Jombor nyambung minibus gitu (seukuran metromini) @Rp. 8.000 ke arah Muntilan. Dari Muntilan kita naik minibus lagi kearah desa Wekas, gw lupa harganya. Nah di gerbang pendakian gw si abang bli aqua dulu. Tiba-tiba ada ojek nawarin buat ngantar sampai ke basecamp, harganya @Rp. 25.000. gw nyampe duluan di basecamp sementara abang harus jalan karena motornya mogok. Di basecamp gw beli stiker + bordiran buat ditempel di baju oren. ( unfortunately tulisannya “Merbabu East Java”

BASECAMP – POS I

Sempat beberapa saat membelah melewati rumah- rumah warga. Sempat juga berpapasan dengan warga asli. Bangunan yang terakhir kami liat adalah makam 2. Setelah itu kami melalui treak standar namun nampaknya abang cepat lelah, mungkin karena kolestrol (padahal baru 26 th ). Di peta sih ada tulisan makam 1, tapi kami tidak menemukan adanya, hii. Jarak basecamp pos 1 cukup jauh.sayang, hujan mulai turun.

POS I – POS II

Perjalanan basecamp ke pos 1 nanjak, sedangkan perjalanan pos 1 ke 2 itu awalnya mengitari bukit lalu nanjak lagi. Kabut sempat tebal namun segera hilang ketika hujan berhenti. Saat mengitari bukit mulai nampak pemancar ( masih jauh) dan bekas kebakaran. Ditengah perjalanan  kami berhenti dan makan indomie dengan irisan brokoli yang didapat abang dari ibu baik dekat basecamp. Setelah itu nanjak lagi dan sampailah kami di pos 2. Pos 2 merupakan campsite yang lapang, terdapat mata air disini, viewnya mirip campsite papandayan di dekat hutan mati.

POS II – GEGER SAPI

Perjalanannya banyak nanjak dan bebatuan ditambah lagi hujan deras yang bikin bete. Kali ini kita berada di wilayah bekas kebakaran. Kabut mulai muncul lagi. Suhu makin dingin. Awalnya ketika sampai pertigaan pemancar dan geger sapi, kami mau camp di dekat pemancar karena dingin banget! Tapi karena masih sekitar jam 4 kami masih ingin mencari tempat camp yang paling dekat dengan puncak buat summit attack, jadi lanjut ke geger sapi. Geger sapi adalah tempat yang muat buat 5 tenda 4 orang #sotoy.

GEGER SAPI – NOWHERE

Waktu di geger sapi awalnya kami pilih jalan ke kanan karena kabut tebal, akhirnya nyasar ke puncak gn. Kukusan. Yaudah kami ke geger sapi lagi dan ambil ke kiri, TAPI ambil ke bawah. Akhirnya kami sampai di bagian bawah jembatan setan ( kami belum tau kalo itu jembatan setan) karena kami udah cape, gw lepas carrier buat eksplore sekitar siapa tau ada campsite, abang gw nunggu. Gw nanjak terus sampai jembatan setan, belok ke kiri sampai ke helipad ( gw juga belum ngeh itu helipad). Terus gw teriak gada campsite, karena udah mulai gelap kami tenda di geger sapi. Kami makan dengan irisan brokoli +cabe + udang rebon +nasi , ENAK BANGET. Padahal tadi gw hina abang gw karena bawa begituan. Bangun – bangun jam 4 pagi, langit sangat cerah bertabur bintang dan kita poto – poto. Ketika pagi kami naik ke helipad lewat jalur kiri TAPI naik dan menikmati view sindoro-sumbing telomoyo dan sunrise ga keliatan. Lalu kami jalan ke pemancar dengan niat manjat- manjat poto-poto, eh taunya ada 2 orang ngecamp. Karena masih pagi dan perjalanan ke puncak udah setengahnya, kami jemur pakaian dulu sampai kering dan berjemur kaya di pantai. Makan lauk sisa tadi malam dan berangkat lagi jam 11. Dengan ngecampnya kami disini hilang sudah kesempatan double summit karena gw ada ujian tanggal 10 + tiket kereta ke Bandung adanya tanggal 9 jam 7 . ( sebenernya bisa cuman agak maksa di Merapi juga gadapet sunrise :( )

Sunbathing on 2000++mdpl

Musim hujan dan bisa dapet ginian adalah anugerah

GEGER SAPI – WATU TULIS

Bro, nanjak banget, bonusnya Cuma jembatan setan doang. Kali ini kita bisa liat kearah pemancar dan punggungan- punggungan merbabu yang eksotis. Trek didominasi batu – batu. Watu tulis adalah pertigaan puncak syarif dan puncak kenteng songo.

WATU TULIS – P.SYARIF

Deket banget bolak balik 15 menit, soalnya carrier kita kita taro di watu tulis haha. Treknya terjal. Kata orang si puncak ini paling bagus buat sunrise.

WATU TULIS – P. KENTENG SONGO

Naik dikit dari watu tulis ada campsite, tapi kita hiraukan. Terlihat jelas bender merah putih melambai – lambai dari kejauhan yang menandakan tempat itu adalah puncak tertinggi. Namun sebelum kenteng songo ada punggungan tinggi yang harus dibelah di sebelah selatan. Tapi kalo kita cermat ada jalan kecil untuk mengitari punggungan tersebut di sebelah timur , cuman langsung menghadap ke jurang, setelah mengitari punggungan itu mulai gerimis dan kabut lagi. Tanjakan ke kenteng songo terjal banget, sampe ada tali buat manjat, akhirnya sampai kenteng songo. Katanya dipuncak ini Cuma orang yang beruntung yang bisa ngeliat 9 tempat air, waktu abang gw itung Cuma 5 LOH. Karena lelah gw tiduran, pala gw senderin ke salah satu kenteng, lalu gerimis lagi, tapi bodo amat malah lanjut nyeder sambil diselimutin ponco. Dan kegoblokan kami dibalas dengan hujan lebat, namun tetap goblok, tetep kalem dibawah ponco. Hujan deras berhenti. Kami mulai diriin tenda, YA DIPUNCAK. Tapi tiba-tiba hujan deras lagi, PARAH DAN KAMI KALANGKABUT, setelah tenda jadi ada sepasang kekasih yang ikut neduh ditenda kami. Carrier ditinggal diluar. Setelah pasangan tersebut pergi baru gw masukkin carriernya. Alhasil sleeping bag gw basah....lalu kami ganti baju, seduh kopi dan memasak makan malam. Sial gadapat sunset karena mendung. Bangun – bangun dah jam 4 lagi abang lg poto lampu kota, dan gw baru nyadar di selatan berdiri dengan gagah merapi, kamipun menikmati sunrise dan view sekeliling dengan syahdu.

KENTENG SONGO – BASECAMP SELO

Sebelum turun ada baiknya kita ke puncak triangulasi dulu di selatan, kok waktu gw liat dari k. songo puncak ini lebih tinggi ya...tapi gada apa-apaan juga, langsung kita turun kebawah, disambut dengan view sabana dan merapi. Kami lari haha, apalagi gw waktu di sabana lari-lari kaya anak kecil. Lewat sabana 1 gw mulai sakit perut gw ambil batu dan genggam erat-erat. Nyampe sebelum selo rasa ini tak tertahankan lagi, . Habis itu lanjut lari lagi eh taunya sampe selo, Cuma perlu waktu 4 jam dari puncak buat turun lagi haha,

SELO – LEMPUYANGAN

Jadi di Selo ada jasa ojek yang nganter sampai polsek Rp. 25.000/org( sebenernya sampe muntilan juga mau, tapi krn gada SIM jadi takut ). Kata ojeknya naik pickup aja, waktu tanya ke warung si kisaran pickupnya Rp. 30.000/org taunya pickup yang dipanggilin si ojek ini Rp. 100.000/org. OGAH. Yaudah kita lunch dulu abang gw makan rawon (daging manis hii) dan gw makan mie ayam (ga seenak depan rumah haha). Kita jalan sebentar berharap menemukan pickup 30rban haha, tiba-tiba ada ojek nyamperin dan matok harga Rp. 70.000/org .trus ditawar sama abang gw 50 kalo dia mau, panggil temen ojeknya. Eh abis manggil temen ojeknya dia keukeuh Rp. 60.000/org yaudah kasian. Eh taunya 60rb itu emang worth it, udah ngebut terus dengan kecepatan kira-kira 60 kmph nyampenya masih 45 menit. Terus kita di drop di jalan yang dilalui minibus muntilan-jombor lupa harganya seinget gw dibawah 10rb/org. sampe jombor naik transjogja dan sampai di lempuyangan yay.

barang/jasa
lupa
total
218.6

Popular posts from this blog