TENTANG EKSPEDITOR PAPUA TERANG (KEEROM DAN NON KEEROM)


HALO GUYS. Setelah sekian lama jari gw tidak beradu lagi dengan keyboard akhirnya sekarang kesampean juga buat update. ga kerasa sudah satu setengah bulan alias 45 hari diriku menjalani hari di Papua demi mengabdi ke masyarakat sana dalam Ekspedisi Papua Terang (EPT). jadi mungkin gw akan jelasin tentang EPT dulu sebelum masuk ke nama, poto, dan deskripsi para ekspeditor EPT.

sekilas tentang EPT

seperti yang beberapa teman sudah tau, bahwa EPT ini diprakarsai oleh PT PLN Persero. EPT memiliki target kampung-kampung yang berlokasi di Prov. Papua Barat dan Prov Papua. Secara, namanya aja Ekspedisi Papua TERANG, bukan Papua beraspal, jadi penyelenggaranya pasti PLN. latar belakang EPT adalah rendahnya rasio elektrifikasi di tanah Papua (Papua Barat +- 80% dan Papua +-50%) sehingga pembangunan infrastruktur di Papua (read: listrik) harus di genjot. Tanpa mengadakan EPT, PLN sendiri mampu melistriki 100 kampung per tahunnya. diharapkan dengan melibatkan komponen lain seperti mahasiswa dan TNI, PLN mampu melistriki ribuan kampung lainnya yang kurang beruntung. oleh karena itu PLN bekerja sama dengan 5 PTN berupa ITB, UI, UGM, ITS (bukan Intstitut Teknologi Surabaya ya guys), dan Uncen. Serta komponen lain seperti TNI AD, dan LAPAN, untuk lebih lengkapnya tentang EPT silahkan baca cerita Jaketoren berikutnya.

balik lagi ke judul, kali ini gw akan membahas tentang para Ekspeditor EPT. kalau kalian baca di judul ada Keerom dan non Keerom. apaan sih maksudnya? kebetulan penulis sendiri ditempatkan di Kabupaten Keerom Prov Papua bersama 11 orang lainnya campuran antasa volunteer dari PLN dan mahasiswa. sedangkan non Keerom sendiri artinya penempatan di luar Keerom, obviously. ada banyak sekali tempat-tempat lain yang akan disurvey. secara garis besar EPT dibagi ke lima posko: Jayapura, Timika, Nabire, Merauke, dan Wamena. Dari masing-masing posko, ekspeditor akan di tempatkan di subsposko, contoh posko Jayapura memiliki beberapa subposko: Keerom, Pegunungan Bintang, Sarmi, Serui, Kasonaweja. lansung aja kita liat deskripsi para ekspeditor EPT. Tapi deskripsi dibawah hanya pure pengamatan penulis yang digabungkan dengan jokes-jokes yang tidak bermaksud menjatuhkan. Check it out!

1. ANDRE YUDHISTIKA
Orangnya tampan, berani, bijaksana,kurus, pemalu, rajin menabung, tidak sombong, makannya sedikit, tidak pernah ngutang , tidur 2 jam sehari, takut air, rajin mandi, rajin ganti baju, sering gonta ganti celana pendek, tidur ga ngorok. 
Kelebihan : bisa memanipulasi info-info dibawah ini

2. KEZIA CHARLOTTA ALEXANDRI PATTY a.k.a. Keke
perempuan(?) ini merupakan persilangan manado dan ambon, tangannya kurus, kakinya kurus, tapi buncit. dia adalah salah satu korban hamil masal ketika Jojo (bukan ITB) selebrasi dengan memamerkan otot-ototnya. sedang mencari pendamping hidup nih guys, cina dan batak preferable. orangnya baik kuat dan loyal guys, mudah tertawa (karena receh) dan makannya sedikit. cocok banget buat diajak hidup miskin. perempuan ini memikat om-om, contohnya om Toti, om Jefri, dan om Ison.
kelebihan: masuk ITB

3. SUSMITA RACHMAWATI a.k.a SUSMONO a.k.a Bungsu
namanya ketika lahir adalah mita veronika (saya masih ga percaya) cuma diganti karena kebagusan. dia adalah mahasiswa tertua yang ikut EPT posko Jayapura, oleh karena itu dipanggil 'mbah' oleh anak ITS lainnya karena dia lahir tahun 92 SM. dia lagi nunggu "calon" suaminya pulang dari berburu kitab suci ke barat. orangnya lebih 'bolang' ketimbang saya. dia sudah pernah ke Papua sebelumnya ikut Ekspedisi NKRI, selama 5 BULAN. pernah ke Sumba ikut ENJ, dan di kapal berhari-hari. cewe ini cukup tangguh walaupun beratnya hanya 39 kg. HIDUP KOTA BEGAL!
kelebihan: sangat irit dan perhitungan. 


4. ALFINA ARDIYANI a.k.a mba Galon
dia dipanggil galon karena sudah pendek gemuk pula. tertua kedua setelah mbah, tapi walaupun kaya galon dia udah laku loh gays, ga usah di stalk yaa. mentang-mentang sudah nikah dia sering membubuhkan lawakan-lawakan yang berbau dewasa, padahal kami masih pucuk dan polos. dia juga salah satu korban hamil masal karena Jojo (bukan kumis). orang ini adalah definisi rahim hangat, tuba falopi banjir, dan ovarium meledak, karena setelah satu bulan EPT dia minta-minta pulang karena rindu suami. HIDUP SOTO LAMONGAN!
kelebihan: sex educationnya sudah level profesor

jojo kumis/jojo itb maksudnya ini

5. AMALIA DWI UTAMI a.k.a amel
ups amelia gadis cilik lincah nian~ tapi amel yang ini merupakan gadis paling besar diantara 5 wanita Keerom. Namun walau begitu staminanya sudah teruji di tanjakan Somografi baik lewat yamraf dan ubrub. cewe yang sering pakai baju belang-belang ini hobinya ML di kamar dan pandai bermain kartu. mba ini definisi "cintaku bersemi di Papua" entah itu dengan ison atau dengan pegawai PLN Arso yang bernama mawar. orang jawa yang tinggal di lombok.
kelebihan: gatau mal maaf ya

6. SYAFIATUL LAILA a.k.a Lala
mungkin dari 5 wanita Keerom, orang ini adalah yang paling normal. kerjaannya dikala gabut adalah nonton drama cowo-cewe-yang-bermuka-dilapisi-plastik. pandai bermain kartu seperti galon dan amal. jangan di stalk geng, kabar burungnya dia udah ada yang punya, ihik. kadang ketika tertawa semua orang bingung karena ketawa mba ini adalah yang paling semangat, kenceng pisan. udah kaya mak lampir.
Kelebihan: suaranya merdu

7. ISON "ZHIMBU" BAHABOL
putera daerah ini merupakan orang asli Lolat, Yahukimo, yang merantau ke Wamena untuk sekolah dan merantau lagi ke Jayapura untuk kuliah di Uncen dengan jurusan elektro arus kuat. mungkin cuma dia orang Papua yang hobi makan pinang tanpa kapur dan sirih. orang ini merupakan musuh bebuyutan emon ketika main Ludo, hanya Ludo lah yang bisa membuat dia emosi dan berteriak. namun hanya amel yang mengerti dia. eaaa
kelebihan: pengonsumsi daun gatal secara rutin

8. AHMAD IRFAAN "EMON" HIBATULLAH
pejantan tambun dengan berat 3 digit ini adalah orang tulen Surabaya. hobinya adalah ML, makan, tidur, youtube, dan merampas makanan minuman orang lain. merupakan oknum insiden Gunung Wandar, Merupakan danru (komandan regu) tim 201 ITB Keerom. ketika batch 1 dia sekelompok dengan Lala di Senggi dan bisa survey sembilan kampung dalam  empat hari (karena naik mobil semua). Namun kaget ketika batch 2 keinginannya terkabul, yaitu Tatakra yang notabene lebih jauh daripada Somografi.
kelebihan: bisa makan banyak kapanpun dimanapun

9. ADI WICAKSONO
dengan namanya yang pasaran, lelaki ini mempunyai wajah yang sangat khas. yaitu seperti orang autis, apalagi kalau tepuk tangan. tapi walaupun begitu mbah tetap suka. tapi walaupun begitu dia orang pusarlis dari PLN yang ngotak ngatik dan memelihara mesin agar dia bisa bertumbuh kembang biak dengan baik. seluruh tagging ia lakukan ketika batch satu, dan mbah melakukan wawancara selama batch satu. mereka berdua seperti dynamic duo, dan saya hanyalah remah-remah beng-beng.
kelebihan: menaklukan medan monggoafi dengan full bawa tas.

10. ABDUSSAMI STRONG DAUD
kalian pasti kaget kan baca namanya, itu nama asli loh. awalnya juga saya kaget. beliau adalah pegawai PLN sejati yang terbayang dalam benak banyak orang ketika nama PLN dibunyikan. yakni sang pemanjat SUTET. oleh karena itu kaki dan pahanya sangat besar. menurut pengakuan teman sekelompoknya, orang ini betulan strong, jadi tidak KW. jangan salah guy, strong ini seorang Hafiz(ah), alias penghapal al-quran. saya bangga kenal dengan orang ini.
kelebihan: lebih tertarik pada wanita yang lebih tua

11. ESRAN EZRA
pria berdarah Toraja-Makassar ini anehnya tidak suka dengan kopi. walaupun orang tuanya dari Sulawesi, tapi dia tinggal dan besar di Papua. dan Lucunya lagi dia bekerja di kantor PLN pusat, Jakarta sebagai bagian KPK nya PLN. agak lucu aja ketika pegawai PLN jawa di malah diterima di Papua, dan dia orang Papua malah diterima di kantor pusat. kalau mau jalan-jalan di Jayapura, orang ini wajib diajak.
Kelebihan: makannya dikit tapi buncit

12. GOTRI HARJANTO
manusia ini merupakan satu-satunya orang yang paling paham tentang perencanaan dan tiang konstruksi di tim Keerom. wajar saja, beliau bekerja di divisi perencanaan di kantor area PLN Jayapura. istrinya orang sorong, kalo kata ipul "istrinya cakep, boi". sayangnya orang ini malah dapat di Senggi, harusnya dia dapat Web atau Kaisenar biar susah. hahaha
Kelebihan: sekilas mukanya mirip Raditya Dika.

13. WANDA PIETER BAYU
abang ini bergabung dengan tim Keerom pada Batch 2. malang betul nasibnya dapat kampung Tatakra, Jember, dan Towe Atas bersama saya Keke, dan Emon. Abang ini asli dari Padang, urang awak pula. beliau pegawai PLN bagian pembangkit di Tapanuli Tengah. Biarpun badannya kecil, tapi dia cukup kuat, dan lebih cepat ketimbang saya. Sayang, kesempatan dia ke Pegunungan Bintang harus kandas karena Mb Mareta tidak mau mengalah. orang ini playboy tjap djempol.
kelebihan: Sarkas yang tidak disadari. Dan tau banyak lagu lawas.


jadi susunan pemain Keerom seperti ini kurang lebih

Tim Distrik Yaffi 
1. Andre (ITB)
2. Adi (PLN)
3. Susmita (ITS)

Tim Distrik Kaisenar
1. Keke (ITB)
2. Strong (PLN)
3. Galon (ITS)

Tim Distrik Web
1. Amal (ITS)
2. Ezra (PLN)
3. Ison (Uncen)

Tim Distrik Senggi
1. Lala (ITS)
2. Gotri (PLN)
3. Emon (ITS)

Batch 2
Tim Keerom 201 ITB
1. Andre (ITB)
2. Keke (ITB)
3. Wanda (PLN)
4. Emon (ITS)

Deskripsi Pemain non Keerom

1. Ana Dian Setyawati
orang ini Tomb Raider banget. udah pernah ke papua sebelumnya ikut ekspedisi NKRI, Suka jalan-jalan. jurusannya arkeologi pula di UGM. dia orang Toraja guys, dan masih single. sikat bor. oiya doi dapat penempatan di Serui di batch satu dan Kasonaweja di batch 2
kelebihan: bisa main keyboard dan nyanyi dengan volume yang hanya bisa didengar semut.

2. Alief yang saya gatau namanya lengkapnya
yang paling saya ingat dari orang ini adalah bajunya yang tulisannya "seizin elohim" dan status whatsapp nya yakni "tuhan yang merdu"................. mukanya kaya orang mabok, jurusan sipil(is) UGM. satu tim dengan ana
kelebihan: gatau, mungkin suka nyari rental kaset game di Jayapura

3. Ayyas yang sayapun lupa nama lengkapnya
saya kira orang ini kuliah jurusan seni. soalnya mukanya abstrak, terus rambutnya gondrong. ternyata dia D3 kesehatan hewan guys. pernah mau masuk ISI tapi dilarang orang tuanya. ketika kami sudah sewa mobil orang ini yang paling kami cari. hobinya pada dunia fotografi membuatnya mencurahkan lunsum tahap 1 nya ke kamera mirrorless. sungguh keputusan yang bijak. satu tim sama alief
kelebihan: merupakan penyanyi di salah satu kafe di jayapura

4. Iqra anaknya pak Sony
secara fisik, orang ini cukup tinggi, namun sangat kurus, mungkin kalau kakinya gw sentil bisa patah. mantan ketua himpunan di kehutanan ITB. orang ini sempat terancam malaria setelah pulang dari pegunungan bintang.
kelebihan: rokoknya langka di Jayapura

5. Fitri
kurus,tapi ga tinggi. orang ini cukup genit dan mengerti lawakan cabul. orang purwokerto yang berlogat sunda.  satu tim sama Iqra di Pegunungan Bintang dan Sarmi

6. Priozky Purba
ketika pertamakali liat orang ini gw pikir dia chinese, taunya batak, apa dia batak chinese? sempat diketawain karena bawa koper sebelum berangkat EPT. walaupun sebenarnya bawa koper bukan keputusan yang salah. orang ini sering menghilang tiba-tiba. hokinya cukup tinggi, keterima Pertamina ketika lagi ikut EPT. Satu tim sama Fitri dan Iqra. oiya dia jurusan perminyakan ITB

7. Ghiffary Anshar
orang ini awalnya cuma ikut batch 1 aja di sarmi. Namun pas penutupan Batch 1 dia menawarkan diri untuk upgrade dua bulan. jadi ikut batch 2 juga.  orang ini sangat mager, apalagi ketika dibutuhkan. dia bisa menghabiskan waktu seharian di kos buat ML. sekarang dia lagi ada di Pegunungan Bintang. Pacarnya sempat minta dia pulang lewat mention ke twitter PLN.

sudah gays segitu dulu, buat yang lain jangan berkecil hati. mungkin kalian jarang berinteraksi sama gw, atau sebaliknya. maafkeun





    


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

CATATAN PERJALANAN GN SINDORO 3153 MDPL VIA KLEDUNG

Labuan Bajo

Catatan perjalanan: Kasepuhan Ciptagelar dan Beras Berusia Puluhan Tahun